APK Salah Kaprah Menjamur di Kota Medan, Ini Kata Payung Harahap

oleh -85 views
Payung Harahap, Ketua Bawaslu Kota Medan
Payung Harahap, Ketua Bawaslu Kota Medan. Foto: P-Ist

Medan|Primalia: Terkait menjamurnya Alat Peraga Kampanye (APK) di jalan-jalan di Kota Medan yang isi dan pemajangannya diduga menyalahi aturan, Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Medan Payung Harahap buka suara.

Menjawab konfirmasi Primalia, melalui ponselnya, Kamis (26/11), Payung bicara tegas. Dia tidak menampik banyaknya isi dan letak APK yang menyalahi aturan main yang telah diedarkan bahkan disosialisasikan.

Menurut Payung Harahap, pihaknya sudah pernah melakukan dan merekomendasikan ke Pemko Medan. “Meski sebenarnya secara aturan bahwa penertiban ini bukan kewenangan kami, akan tetapi kewenangan Pemko Medan sepenuhnya terutama yang terpasang di pohon, tiang listrik, tiang telefon maupun fasilitas milik pemerintah,” urai Payung Harahap seraya mengungkapkan pelanggaran ini terjadi karena pihak tim Paslon atau pemasang tidak mengerti aturan.

Dikatakan, Bawaslu Kota Medan ada dua kali melakukan rekomendasi penertiban APK ke Pemko Medan.  “Berdasarkan data kami, yang ditertibkan hampir 1.600 APK dan Alat Peraga Sosialisasi,” ujarnya.

BERITA TERKAIT: APK Diduga Melanggar Aturan Menjamur di Kota Medan

Menurutnya, pihaknya juga telah melakukan penertiban antara lain melalui teknis pendataan APK yang sesuai aturan mana yang tidak. “Jika tidak, kami merekomendasikan ke KPU Kota Medan, selanjutnya KPU Kota Medan merekomendasikan ke Paslon dan juga yang terpasang di fasilitas Pemko langsung kami rekomendasikan ke Pemko untuk melakukan langkahnya,” jelas Ketua Bawaslu Kota Medan itu.