Areal SM Karang Gading Disulap Jadi Kebun, DPRD Deliserdang Membisu

oleh -229 views
Areal SM Karang Gading Disulap Jadi Kebun, DPRD Deliserdang Membisu
Kelapa sawit tidak terurus di area SM Karang Gading di Paluh Kurau. Foto: P-Ist

Medan|Primalia: Fungsi legislasi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Deliserdang patut dipertanyakan. Pasalnya, investigasi dan temuan masyarakat terhadap keprihatinan areal Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading di Desa Paluh Kurau, Kecamatan Hamparan Perak yang dilaporkan ke wakil rakyat itu tidak membuahkan respons.

“Kita patut mempertanyakan keseriusan wakil rakyat di DPRD Deliserdang itu atas praktik mafia penggarap yang meluluh-lantakkan area hutan konservasi SM Karang Gading,” tegas Apri Budi SH, Ketua Umum Aliansi Masyarakat Sumatera Utara (AMSUB) kepada wartawan, Senin (01/12), di Medan.

Pasalnya, kata Apri Budi, sejak tiga pekan lalu kami telah menyurati DPRD Deliserdang untuk segera menggelar Rapat Dengan Pendapat (RDP). Hingga saat ini, wakil rakyat itu masih membisu.

Menurutnya, mangrove yang dahulunya menghijaukan kawasan seluas lebih kurang 2.982 hektare itu, kini ditaksir hanya tersisa tidak lebihdari 20 persen. “Selebihnya, telah berubah fungsi menjadi perkebunan kelapa sawit, tambak, persawahan dan area pemukiman,” ungkap Apri.