Dorong Pemprovsu Bangun Data Terintegrasi Covid-19

oleh -26 views
Dorong Pemprovsu Bangun Data Terintegrasi Covid-19
Foto: P}Ist

Medan|Primalia: Pengurus Daerah Provinsi Sumut Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) menaruh komitmen serius melawan Covid-19. Pada momen tepat satu tahun corona masuk ke Indonesia, IAKMI Sumut membentuk tim yang diberi nama Kolaborasi Akar Rumput Covid-19.

Demikian ditegaskan Ketua Pengda IAKMI Provinsi Sumatera Utara, Destanul Aulia SKM MBA PhD, Selasa (2/3) saat peluncuran Tim Kolaborasi Akar Rumput Covid-19 (KAR-C) secara virtual di Ruang Rapat Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Sumut.

“Peluncuran ini bertepatan dengan satu tahun sudah Covid masuk ke Indonesia. Mudah-mudahan tidak ada lagi Covid-19 di tahun kedua,” kata Destanul.

Destanul yang juga Akademisi Fakultas Kesehatan Masyarakat USU itu menegaskan ada sejumlah hal yang akan dilakukan KAR-C. Di antaranya memerangi covid-19 sampai ke akar rumput.

Memerangi Covid-19 sampai ke akar rumput masyarakat merupakan tanggungjawab IAKMI. Dan berkolaborasi dengan ikatan dokter, perawat dan gugus tugas, IAKMI seharusnya menjadi garda terdepan memerangi serta memutus mata rantai pandemi Covid-19.

“Pengurus KAR-C semuanya adalah ahli kesehatan masyarakat. Memutus mata rantai covid sampai ke akar rumput harus mampu berada di garda terdepan,” tegas Destanul.