Embung USU Kampus II Kwala Bekala, Temuan BPK Menunggu Bah

oleh -339 views

Medan|Primalia: Embung Utara milik Universitas Sumatera Utara (USU) di Jalan Lingkar, Kampus II Kwala Bekala, Kecamatan Pancurbatu, Kabupaten Deliserdang, kondisinya sangat memprihatinkan.

“Ngapain kalian,” tanya seorang pria yang datang menggunakan sepedamotor bersepatu laras selutut, ketika kami mendokumentasikan kawasan, pekan lalu.

Kawasan ini pernah sebagai tempat Gubernur Sumut waktu itu HT Erry Nuradi memanjatkan doa di sini. Peletakan batu pertama November 2017 (tiga tahun lalu), lokasi ini menjadi saksi bisu mimpi indah Runtung Sitepu (Rektor USU). Ada sebuah joglo semacam tempat pertemuan terbuka dan sejumlah rumah penjaga areal.

Embung utara, dirancang sejak 2017 lalu. Menelusuri jalan yang lahannya telah diperuntukkan sebagai jalur Jalan Lingkar yang membelah areal kampus USU, lebih kurang 1.800 meter dari gerbang utama, kami menemukan embung dengan tinggi permukaan air merendam pohon kelapa sawit yang sudah apkir.

Ini adalah retention basin (cekungan penampung) air yang dibangun menggunakan anggaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebesar Rp10 miliar.