Melirik Pesona Lubuk Sihorbo, Destinasi Wisata Belum Terjamah Pemkab Paluta

oleh -366 views
Melirik Pesona Lubuk Sihorbo, Destinasi Wisata Belum Terjamah Pemkab Paluta
Air Terjun Lubuk Sihorbo (fdoto kiri), kondsisi jalan bebatuan menuju kawasan (foto kanan). Foto: P-sahnan siregar

Catatan|Sahnan Siregar|Primalia

SIPIONGOT ibukota Kecamatan Dolok, sudah saatnya menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Padanglawas Utara (Paluta), Sumatera Utara untuk menjamah destinasi wisata di kawasan Dolok, Binanga Gumbot.

Daerah yang dikenal terisolir sepanjang masa di era pemerintahan pra pemekaran Tapanuli Selatan itu layak diperlakukan spesifik oleh Pemkab Paluta. Saatnya pemerintah bersama investor melirik potensi besar pendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari berbagai sektor di kawasan pinggang Bukit Barisan itu, khususnya di sektor pariwisata.

Keindahan alam yang membungkus destinasi wisata di kawasan yang tak jauh dari Gunungtua, ibu kota Paluta dan Sipirok, ibukota Tapanuli Selatan itu tak kalah pesonanya dengan objek wisata di Indonesia, bahkan luar negeri. Namun karena belum dikelola, keindahannya hanya sekadar cerita bagi orang-orang yang bermukim di sana.

Salah satu pesona air terjun yang muntah dari gunung Bukit Barisan tulang belakang Pulau Sumatera itu. Masyarakat di sana menyebutnya Lubuk Sihorbo di kawasan Desa Binanga Gumbot, Kecamatan Dolok.