Muryanto Amin Terpilih Sebagai Rektor USU Periode 2021-2026

oleh -39 views
Muryanto Amin Terpilih Sebagai Rektor USU Periode 2021-2026
Muryanto Amin. Foto: P-Ist

Medan|Primalia: Enam Orang Calon Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) dinyatakan lolos seleksi administrasi. Dua orang di antaranya mundur dari proses penjaringan calon Rektor USU, yaitu Prof M Fidel Ganis Siregar dan Dr Sontang Sihotang.

Setelah Penjaringan, USU sisakan tiga nama dan Muryanto unggul dari dua calon Rektor lainnya, yakni Prof Farhat dan Prof Arif Nasution. Muryanto meraih 18 suara atau 57,75% dari total suara yang ada.

Dan akhirnya Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara (FISIP USU), Dr Muryanto Amin, resmi terpilih menjadi Rektor USU 2021-2026 menggantikan  Rektor sebelumnya Prof Runtung Sitepu, di Gedung Kementerian Tinggi di Jakarta, Kamis (03/12).

Muryanto memperoleh 18 suara atau 57,75%. Kandidat lain Farhat memperoleh 11 suara atau 35,75% dan M. Arief Nasution meraih 2 suara atau 6,5%.

Muryanto Amin mengatakan dia akan memajukan USU dalam lima tahun kepemimpinanya dan akan menjadikan USU kampus kelas Dunia.

Mundurnya dua calon Rektor USU dikarenakan adanya alasan pribadi, disebutkan Fidel dan Sontang mundur sebelum proses audisi calon Rektor USU.

Salah seorang pengurus Golkar yang juga ikut mencalonkan Rektor USU juga sempat mengajukan pengunduran diri dari proses penjaringan, namun ditolak karena dinilai melewati waktu yang ditentukan. W-12