Romo HR Muhammad Syafii: Tragedi Menewaskan Enam Laskar FPI Pelanggaran HAM Berat

oleh -418 views
Romo HR Muhammad Syafii: Tragedi Menewaskan Enam Laskar FPI Pelanggaran HAM Berat
Romo HR Muhammad Syafii. Foto: P-Ist

Jakarta|Primalia: Romo HR Muhammad Syafii SH MHum, Anggota DPR RI Komisi III Fraksi Gerindra menegaskan, tragedi menewaskan enam laskar Front Pembela Islam (FPI) masuk kategori pelanggaran Hak Asasi Manusia (HAM) berat.

“Peristiwa itu di luar peraturan hukum yang memberi mandat kepada kepolisian untuk menegakkan hukum, maka kita harus berkesimpulan peristiwa itu adalah peristiwa pelanggaran hukum dan karena pelanggaran hukum itu sampai menghilangkan enam nyawa orang lain sekaligus, maka ini sudah extra judicial killing yaitu pelanggaran HAM berat,” kata Romo HR Muhammad Syafii dalam siaran persnya diterima Primalia, Selasa (8/12).

Menurutnya, kasus itu harus ditangani oleh Komisi Nasional (Komnas) HAM dan dalam pendalaman terhadap fakta penembakan ini bisa melibatkan berbagai pihak. “Kalau ada pihak-pihak yang berkompeten ingin membentuk tim independen pencari fakta, ini juga memungkinkan,” ujarnya.

Terkait peristiwa yang dialami pengawal Habib Rizieq Shihab (HRS) ini, Romo mengimbau masyarakat jangan buru-buru mengambil kesimpulan, apalagi terhadap konfreensi pers yang dilakukan oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran, karena itu masih keterangan sepihak.