Sosialisasikan Peranan Parpol di Masyarakat

oleh -69 views
Sosialisasikan Peranan Parpol di Masyarakat
Pembukaan sosialisasi Parpol di Gedung PKK Langkat, Jumat (27/11). Foto|P-Ist

Stabat|Primalia: Sosialisasikan Peranan Parpol di Masyarakat, Pemerintah Kabupaten Langkat, Jumat (27/11), sosialisasikan definisi, fungsi dan peranan Partai Politik (Parpol) dalam masyarakat. Sosialisasi itu berlangsung di Gedung PKK Langkat, Stabat, Sumatera Utara.

Bupati Langkat Terbit Rencana PA melalui Asisten II Ekbangsos H Hermansyah pada pembukaan sosialisasi itu mengajak  pimpinan Parpol untuk mendefinisikan kembali fungsi dan peran Parpol dalam masyarakat.

Menurutnya, Parpol harus mengambil peran sebagai salah satu pilar demokrasi Pancasila.

“Intinya, bagaimana para elit berupaya membangun kesadaran politik masyarakat, membuat masyarakat mengetahui hak dan kewajiban politiknya sebagai warga negara,” ujarnya.

Dikatakan, Parpol memiliki fungsi utama, di antaranya  sarana rekrutmen mengisi jabatan politik, sarana sosialisasi politik, wadah aspirasi dan partisipasi rakyat serta lembaga pendidikan politik bagi masyarakat.

“Instrumen penting, menciptakan kesatuan dan persatuan bangsa dalam bingkai kesejahteraan,” paparnya.

Selain itu, Hermansyah berharap, semakin menguatnya sinergi antara Parpol, Pemda, Ormas  serta KPU sebagai penyelenggara KPU.

Dia mengharapkan, narasumber memberikan ilmu pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki, sehingga tujuan kegiatan ini tercapai secara optimal.

Kepada peserta, diharapkan mengikuti kegiatan dengan baik, serta memanfaatkan pertemuan ini untuk menambah pengetahuan dan saling berbagi pengalaman.