Unimed Dapat Penghargaan Komisi Informasi Pusat

oleh -73 views
Unimed dapat Penghargaan Komisi Informasi Pusat
Kampus Unimed. Foto: P-Ist

Medan|Primalia: Universitas Negeri Medan (Unimed) kembali menerima penghargaan Anugerah Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Tahun 2020 dari Komisi Informasi (KI) Pusat secara virtual melalui aplikasi zoom. Rabu (25/11).

Unimed bersama beberapa PTN lainnya menerima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2020 dari Komisi Informasi Pusat dengan predikat ‘Cukup Informatif’ dalam menerapkan Implementasi Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik. Adapun penghargaan yang diberikan meliputi Badan Publik Informatif, Badan Publik Menuju Informatif, dan Badan Publik Cukup Informatif.

Ketua KI Pusat Gede Narayana dalam sambutannya menjelaskan berdasarkan rentangan penilaian monitoring dan evaluasi BP tahun 2020 yang dilaksanakan oleh KI Pusat melibatkan delapan juri dari kalangan akademisi, peneliti, pegiat keterbukaan informasi dan media massa, untuk kategori BP Informatif hanya 17,43 persen (60 BP) dan Menuju Informatif 9,77 persen (34 BP) yang dapat dinilai telah melaksanakan UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang keterbukaan Informasi Publik.

“Besarnya persentase BP yang masih masuk kategori Cukup Informatif, Kurang Informatif bahkan Tidak Informatif masih memprihatinkan, maka harus digarisbawahi bahwa Keterbukaan Informasi Publik di Indonesia masih jauh dari tujuan yang diamanatkan oleh UU KIP,” tegas Gede.